E-Health - Pengantar Telematika
TUGAS
PENGANTAR TELEMATIKA
E-HEALTH
NAMA KELOMPOK :
1. FARISHA NANDYA ELONA
2. SARAH FADILAH
3. TIARA ROSMIYANTI
UNIVERSITAS GUNADARMA
SISTEM INFORMASI
4KA08
ABSTRAKSI
Internet saat ini sudah menjadi sarana komunikasi yang
penting dan efektif di seluruh dunia dan banyak bidang yang
menggunakannya.Aplikasi e-learning dalam bidang pendidikan,ecommerce dalam
bidang bisnis, dan e-government dalam bidang pemerintahan sudah banyak
diimplementasikan dan terbukti memberi manfaat untuk masyarakat. Bidang
kesehatan pun kini sudah melirik potensi internetini. Sekarang ini, internet
menjadi sarana pembelajaran dan pertukaran informasi yang berguna untuk penyedia
layanan kesehatan (provider ) dan penggunaan layanan kesehatan (
consumer).Berdasarkan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat akan
akses layanankesehatan yang praktis dan efisien, lahirlah konsep e-health
sebagai jawaban atas tuntutan tersebut.
E-health adalah aplikasi internet
atau teknologi lain yangberkaitan di industri pelayanan kesehatan yang
bertujuan untuk meningkatkan akses, efisiensi, efektivitas, dan kualitas
dari proses medisdan bisnis, yang melibatkan organisasi pelayanan medis (rumah
sakitatau klinik), praktisi medis (dokter atau terapis), laboratorium,
apotek,asuransi, dan pasien sebagai konsumen.
Dalam proyek akhir ini dibuat sebuah perangkat
lunak e-health yang dapat meningkatkan kemudahan untuk mengakses
pelayananmedis, efisiensi dan efektifitas dari segi waktu dan biaya, serta
kualitas dan kuantitas dari informasi kesehatan, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan
kualitas kesehatan pasien dan kualitas kesehatanmasyarakat secara luas.
PENDAHULUAN
Teknologi Internet di Indonesia dewasa ini berkembang
pesat.Internet sudah menjangkau banyak lapisan masyarakat, mulai daripelajar,
karyawan, sampai manula. Internet terbukti banyak memberikan kemudahan
bagi setiap orang dalam melakukan aktivitas dan mendapatkan berbagai macam
informasi. Kini,internet telah menjadi alternatif media komunikasi dan
pertukaran informasi yang paling efektif.
Karena efektivitasnya itu, muncul sebuah ide untuk
memanfaatkan internet dalam bidang kesehatan. Perangkat Lunak E-Health dibangun
untuk mempermudah dan mempercepat akses untuk mendapatkan pelayanan medis,
memberikan efisiensi dari segibiaya dan waktu, mempermudah proses administrasi,
dan menyediakan sarana komunikasi yang cepat dan efisien untuk dokter,
pasien, manajemen rumah sakit, laboratorium, apotek, dan pihak asuransi.
Pada proses medis konvensional yang masih banyak
diterapkan dewasa ini, pasien harus menghabiskan waktu untuk menunggu giliran
konsultasi di rumah sakit atau tempat praktek dokter dan pemeriksaan di
laboratorium . Dengan memanfaatkan E-Health,pasien dapat mendaftar secara online
dan memperoleh jadwal pasti konsultasi dan pemeriksaan laboratorium sehingga
tidak perlu menunggu lebih dulu, sehingga efektivitas dari segi waktu dapat tercapai.
Pada masa sekarang ini, pengetahuan masyarakat
Indonesia tentang kesehatan masih minim, sehingga dengan adanya E-Health yang memberikan
informasi lengkap mengenai kesehatan dan kemudahan dalam mengakses pelayanan
medis melalui sistem yang terintegrasi,diharapkan sistem baru ini akan membuat
masyarakat memiliki kesadaran lebih akan kesehatan.Permasalahan yang lain
adalah banyaknya data pasien (medicalrecord) yang harus disimpan sehingga
membutuhkan penanganan khusus. Dengan E-Health,medical record pasien dapat
tersimpan dengan baik, mudah dalam proses pencarian ketika dibutuhkan,serta
mudah dan aman untuk ditransmisikan kepada pasien dengan tetap mementingkan
privasi pasien.
PENGENALAN KONSEP E-HEALTH
Internet saat ini sudah menjadi sarana komunikasi yang
penting dan efektif di seluruh dunia dan banyak bidang yang
menggunakannya.Aplikasi e-learning dalam bidang pendidikan,e-commerce dalam
bidang bisnis, dan e-government dalam bidang pemerintahan sudah banyak
diimplementasikan dan terbukti memberi manfaat untuk masyarakat.Bidang
kesehatan pun kinisudah melirik potensi internet ini.Sekarang ini, internet
menjadi sarana pembelajaran dan pertukaran informasi yang berguna
untuk penyedia layanan kesehatan (provider ) dan pengguna layanan
kesehatan (consumer ).Berdasarkan perkembangan teknologi dan kebutuhan
masyarakat akan akses layanan kesehatan yang praktisdan efisien, lahirlah
konsep e-health sebagai jawaban atas tuntutan tersebut.Di negara lain, seperti
Amerika Serikat, Jerman, atau Australia,e-health sudah diimplementasikan dan
terus berkembang.Bahkan di Eropa,e-health sudah mulai dikembangkan sejak
tahun1989.
E-health adalah aplikasi internet
atau teknologi lain yang berkaitan di industri pelayanan kesehatan yang
bertujuan untuk meningkatkan akses, efisiensi, efektivitas, dan kualitas
dari proses medis dan bisnis, yang melibatkan organisasi pelayanan medis(rumah
sakit atau klinik), praktisi medis (dokter atau terapis),laboratorium, apotek,
asuransi, dan pasien sebagai konsumen.
Solusi yang ditawarkan e-health meliputi produk,
sistem, dan layanan, sebagai contoh : informasi kesehatan, rekam medis elektronik,
layanan pembelian obat, sistem komunikasi antar pengguna, dan informasi lainnya
terkait pencegahan penyakit,diagnosa, perawatan, monitoring kesehatan, dan
manajemen gaya hidup.
Di Indonesia sendiri,e-health belum
diimplementasikan,walaupun sudah banyak berkembang situs-situs kesehatan,
tetapisitus-situs tersebut belum mengadaptasi konsep e-health sepenuhnya.
DEFINISI E-HEALTH
Ada banyak definisi mengenai e-health.Dua di antaranya
yang sering digunakan adalah:
1.
Pemanfaatan internet dan teknologi yang berhubungan dengannya
dalam industri pelayanan kesehatan guna meningkatkan
akses, efisiensi, efektifitas dan kualitas dariproses klinis dan bisnis yang
dijalankan organisasi pelayanan kesehatan, para praktisi, pasien dan konsumen
dalam rangka peningkatan status kesehatan pasien(Healthcare Information and
Management Systems Society [HIMSS]).
2.
E-health adalah e-commerce versi kesehatan: yaitu
pemanfaatan bisnis kesehatan secara
elektronik.E-health adalah kombinasi dari pemanfaataan komunikasi elektronik
dan teknologi informasi pada bidang kesehatan, baik di tempat sendiri (lokal) maupun
di klinik yang jauh, untuk tujuan klinik, pengajaran dan administratif.
ARTI ‘E’ PADA E-HEALTH
Menurut Gunter Eysenbach, “e” pada e-health tidak
hanya mengandung arti “electronic” melainkan juga melingkupi :
1.
Eficiency (efisiensi).
2.
Enhancing quality of care (menambah kualitas pelayanan
kesehatan).
3.
Evidence based (berdasarkan fakta).
4.
Empowerment of consumers and patients(kekuasaan ada
ditangan konsumen dan pasien)
5.
Encouragement of a new relationship between the
patient and health professional (pembangunan hubungan yang lebih
kuatantara pasien dan profesional di bidang kesehatan).
6.
Educations of physicians and consumers through
online sources (pendidikan untuk dokter dan konsumen melalui sumber informasi
online).
7.
Enabling information exchange, a communication in
astandardize way between health care establishments (memungkinkan pertukaran
informasi, komunikasi denganstandarisasi antara pendiri layanan kesehatan).
8.
Extending the scope of health care beyond its
conventional boundaries (pemanjangan ruang lingkup pelayanan kesehatandi luar
batasan konvensionalnya).
9.
Ethics (etika).
10. Equity ( Persamaan).
SISTEM E-HEALTH
Sistem e-health dituntut mampu mengintegrasikan proses
dunia medis yang sangat luas dan kompleks dan harus mengakomodasi kepentingan
semua pihak yang tergabung dalam sistem. Alurin formasi diantara
stakeholder sistem ini sangat kompleks, artinya rumah sakit tidak hanya
dapat berkomunikasi antar rumah sakit,tetapi juga harus dapat berkomunikasi
dengan dokter secara privat,dimana dokter juga harus dapat berkomunikasi dengan
apotek,laboratorium, dan penanggung jawab biaya.
Gambar
diagram alur e-health
PRODUK DAN LAYANAN E-HEALTH
Produk dan layanan e-health dikategorikan ke dalam 4 kategori,
yang disebut 4C yaitu :
·
Content (Isi). Content dari e-health adalah
informasi kesehatan yang bisa ditransmisikan dan informasi kesehatan ini
merupakan content utama yang biasa ditawarkan oleh situs e-health.Untuk memenuhi
kebutuhan pasien akan informasi kesehatan,e-health menyediakan berbagai macam
informasi tentang kesehatan, seperti : informasi penyakit baru, kamus gejala
penyakit, informasi gaya hidup sehat. Informasi ini diusahakan akurat, lengkap,
dapat dipercaya, dan berguna bagi kesehatan pasien.
·
Connectivity (Hubungan). Untuk memudahkan interaksi
antar praktisi medis dan pihak-pihak yang berhubungan dengan proses pelayanan
medis,e-health menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan, seperti :
1.
e-health menangani pendaftaran online dimana pasien
dapat mengetahui jadwal dokter pilihan mereka dan mendapa tnomor antrian serta
jam pemeriksaan, sehingga pasien tidak perlu membuang banyak waktu untuk
menunggu giliran konsultasi. Pendaftaran online mencakup pendaftaran konsultasi
dengan dokter dan pendaftaran pemeriksaan laboratorium.
2.
e-health mengirim medical record pasien,
diagnosis daridokter, tindakan medis yang perlu diambil oleh pasien, resepobat,
dan hasil laboratorium, serta rekapitulasi biaya melalui website Pasien hanya
perlu login dan mendapatkan seluruh informasi tersebut setelah pemeriksaan yang
dilakukan.
3.
Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan, pasien dapatmelakukan
konsultasi online dengan dokter tanpa perlu mengunjungi rumah sakit atau tempat
praktik dokter secaralangsung.
4.
e-health memiliki hubungan dengan laboratorium
sehingga interaksi pasien dengan laboratorium dapat disederhanakan melalui e-health.
Pasien dapat melihat daftar laboratoriummdan memilih laboratorium yang akan
dituju serta mendaftar untuk pemeriksaan laboratorium
5.
e-health memiliki hubungan dengan apotek, yaitu dengan
memberikan resep obat yang ditulis oleh dokter ke apotek dan apotek mengirim
informasi kembalian berupa biaya obat.
6.
e-health memiliki hubungan dengan asuransi,
sehinggaproses pembayaran yang melibatkan asuransi dapatdilakukan dengan mudah.
·
Care (Perawatan). Untuk mendukung penanganan kesehatan
pasien,e-health memberikan informasi letak rumah sakit / tempatpengobatan /
dokter spesialis yang paling dekat atau paling tepatbagi pasien. Selain
itu,e-health juga selalu mengupdate medical record pasien dan memberikan
informasi jenis treatment baru yang potensial.
·
Commerce (Bisnis). Untuk mempermudah pembayaran administrasi
pasien,e-health merekapitulasi seluruh biaya yangharus dibayar oleh pasien
(sudah termasuk biaya obat, biaya laboratorium, dan biaya administrasi,
dipotong dengan biaya yangditanggung asuransi) dan mengirimkan tagihan
terperinci kepada pasien,e-health juga memberikan keuntungan bagi rumah
sakit,dokter, apotek, laboratorium, dan asuransi dari segi bisnis.
KRITERIA SITUS E-HEALTH YANG
BAIK
Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk
menilaikualitas dari sebuah situs e-health:
Security (keamanan)
1.
Situse-health yang baik harus memiliki tingkat
sekuritastinggi, karena data yang diolah dan ditransmisikan adalah datayang
bersifat rahasia (confidential).
2. Privacy (privasi)
Hak akses setiap user harus
diatur untuk menjaga privasi setiapuser karena data yang disimpan bukan
merupakan data umum yang dapat dipublikasikan ke setiap user .
3. Content (isi)
Isi dari situs harus akurat,
lengkap, dan menyediakan informasiyang tepat sasaran.
4. Credibility (kredibilitas)
Kredibilitas meliputi sumber dari
data, penulis, sponsor, nilaidari informasi, relevansi dan kegunaan dari
informasi.
5. Interactivity
(forum interaktif)
Forum interaktif meliputi
pembangunan mekanisme feedback (umpan balik) dan saluran untuk bertukar
informasi antar user e-health.
6. Disclosure (kejelasan)
Situs e-health harus
menginformasikan kepada user tujuan dari situs, fitur yang tersedia, dan
manfaat yang dapat diperoleh user dari situs tersebut
7. Design
(Desain)
Desain situs harus memenuhi beberapa
syarat, diantaranya : kemudahan dalam mengakses, navigasi yang
tidak membingungkan, dan fitur searching yang memadai.
PERKEMBANGAN E-HEALTH DI
INDONESIA
Perkembangan e-health di Indonesia, tidak seperti
negara-negara di atas (Eropa, New Zealand, Perancis, dan negara Baratlainnya) ,
belum menunjukkan perkembangan yang pesat. Memang tanda-tanda menuju ke sana
sudah mulai terlihat dengan semakin maraknya kajian mengenai dunia informatika
kedokteran, milis-milis kedokteran yang bertebaran di internet, juga situs-situskesehatan
dan dunia medis yang mulai banyak dibangun. Beberapa milis kesehatan Indonesia
yang sudah beroperasi di internet :
Sedangkan beberapa beberapa website yang bisa mewakili
e-healthdi Indonesia adalah :
·
http:
//www. kalbe. co.id(situs yang dikelola olehperusahaan farmasi Kalbe
Farma )Gambar 2.5 Situs idionline.org, salah satu situs e-health diIndonesia.
Sumber :
http://www.scribd.com/doc/38674825/7/PENGENALAN-KONSEP-E-HEALTH
Nomor : 1561 / PJI-SMI / VI / 2019
BalasHapusDate : 19 Juni 2019
Dear :Leaders / The Director Companies
Attn :Import & Domestics
Subject :Letter Partner Cargo Import & Domestics
With Respect,
We are from PT. SUDA MANDIRI INDONESIA , introduce it self as a company Exspedisi cargo air craft (EMKU) & Exspedisi Cargo Ships (EMKL)Int'l Freight Forwarding and Customs Clearance, who live in east Jakarta Indonesia , we are ready to cooperate with your party.
Service in Our Company:
- Air & Sea Freight Service
- Cargo Break Bull Service
- Ex-Work, FOB, C&F & CIF
- Import Door to Door Service
- Customs Clearance Import Resmi
- Customs Clearance Export
- Customs Clearance Import Borongan (All-In)
- UNDER NAME (Consignee)
- Domestics Inter-Island
PT. SUDA MANDIRI INDONESIA, Committed to being a good partner and the right for customers who import planing. If the company Mr / Ms do not have the Import License, while the need to import is urgent, then we offer the right solution in terms of the importation is by system UNDER NAME (Consignee).
Routine schedule consolidator Import Door to Door By Air & By Sea:
- Singapore to Indonesia
- China to Indonesia
- Taiwan to Indonesia
- Malaysia to Indonesia
- Europe to Indonesia
System Service:
- DOOR TO DOOR (Ex - Work), DIRECT STATE OF ORIGIN
- DOOR TO PORT (FOB TERMS), THANK OUR AGENT IN GOODS BETWEEN (Boking Number)
- TRANSHIPPMENT SINGAPORE, SINGAPORE AGENT CONSIGNEE
- PORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) CUSTOM CLEARANCE SERVICE OFFICIAL, HAVE PERMISSION TO LEGAL OWNER OF IMPORTED GOODS
- PORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) RENTAL FLAG (UNDER NAME) AUTHORIZED SERVICE & WHOLESALE, WE IMPORT PERMITS LEGALITY
Port Service:
* Tanjung Priok Port
* Surabaya Port
* Lampung Port
* Semarang Port
* Palembang Port
* Pontianak Port
* Medan Port
Note:
* For doc who had already arrived at the Air Port or at the Port Tanjung Priok, with out permission import & Disallow limited Import [Goods Resilience] we can help to coordinate all concerned parties,
* And for the new wholesale price can be given after we receive the Invoice & Packing List.
For the opportunity and trust good professional cooperation, given to PT. SUDA MANDIRI INDONESIA [Group] we thank you very much.
Best Regards,
M.FAZLI
PT. SUDA MANDIRI INDONESIA
GRAHA EMRE LT.4 RUANG 202A.
JL. RAYA PONDOK GEDE NO. 37 PINANG RANTI JAKARTA TIMUR 13560
Telp : (+6221) - 800 1161
Fax : (+6221) - 2280 6169
HP/WA : 0812 8894 6665 / 0852 1327 7379
Email : fazli.import94@gmail.com / jasaimport@yahoo.com
Web : ptsudamandiriindonesia.page.tl /
jasapengurusanbarangimpor.blogspot.com / freightforwarderjakarta.blogspot.com
We have covered our forwarder's and carrier's liability insurance through Buechner Barella Assekuranzmakler GmbH, Hamburg, Germany.
Freight Forwarding, Project Logistics, Sea Freight, Air Freight, Third Party Logistics, Clearance, Warehousing, and Insurance.
MISI
Kami mendedikasikan untuk review MENYEDIAKAN manajemen Rantai pasokan Yang Inovatif Dan meyakinkan DENGAN profesionalisme Dan Integritas hearts SEMUA Operasi Kami, Serta berkomitmen DENGAN memberikan LAYANAN Terbaik ditunjukan kepada Klien Kami.
VISI
Menjadi Perusahaan proaktif Yang Selalu Melihat hal Ke Depan DENGAN mengembangkan Cara-Cara baru (innovation) tiada henti untuk review merampingkan manajemen Rantai pasokan (supply chain) pelanggan Kami, DENGAN demikian Kami meminimalkan mencakup biaya.