Sabtu, 26 Januari 2013

E-Health - Pengantar Telematika

E-Health - Pengantar Telematika


TUGAS
PENGANTAR TELEMATIKA
E-HEALTH
                                                NAMA KELOMPOK  :
1.     FARISHA NANDYA ELONA
2.     SARAH FADILAH
3.     TIARA ROSMIYANTI
UNIVERSITAS GUNADARMA
SISTEM INFORMASI
4KA08



ABSTRAKSI
Internet saat ini sudah menjadi sarana komunikasi yang penting dan efektif di seluruh dunia dan banyak bidang yang menggunakannya.Aplikasi e-learning dalam bidang pendidikan,ecommerce dalam bidang bisnis, dan e-government dalam bidang pemerintahan sudah banyak diimplementasikan dan terbukti memberi manfaat untuk masyarakat. Bidang kesehatan pun kini sudah melirik potensi internetini. Sekarang ini, internet menjadi sarana pembelajaran dan pertukaran informasi yang berguna untuk penyedia layanan kesehatan (provider ) dan penggunaan layanan kesehatan ( consumer).Berdasarkan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat akan akses layanankesehatan yang praktis dan efisien, lahirlah konsep e-health sebagai jawaban atas tuntutan tersebut.
            E-health adalah aplikasi internet atau teknologi lain yangberkaitan di industri pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan akses, efisiensi, efektivitas, dan kualitas dari proses medisdan bisnis, yang melibatkan organisasi pelayanan medis (rumah sakitatau klinik), praktisi medis (dokter atau terapis), laboratorium, apotek,asuransi, dan pasien sebagai konsumen.
Dalam proyek akhir ini dibuat sebuah perangkat lunak e-health yang dapat meningkatkan kemudahan untuk mengakses pelayananmedis, efisiensi dan efektifitas dari segi waktu dan biaya, serta kualitas dan kuantitas dari informasi kesehatan, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas kesehatan pasien dan kualitas kesehatanmasyarakat secara luas.
PENDAHULUAN
Teknologi Internet di Indonesia dewasa ini berkembang pesat.Internet sudah menjangkau banyak lapisan masyarakat, mulai daripelajar, karyawan, sampai manula. Internet terbukti banyak memberikan kemudahan bagi setiap orang dalam melakukan aktivitas dan mendapatkan berbagai macam informasi. Kini,internet telah menjadi alternatif media komunikasi dan pertukaran informasi yang paling efektif.
Karena efektivitasnya itu, muncul sebuah ide untuk memanfaatkan internet dalam bidang kesehatan. Perangkat Lunak E-Health dibangun untuk mempermudah dan mempercepat akses untuk mendapatkan pelayanan medis, memberikan efisiensi dari segibiaya dan waktu, mempermudah proses administrasi, dan menyediakan sarana komunikasi yang cepat dan efisien untuk dokter, pasien, manajemen rumah sakit, laboratorium, apotek, dan pihak asuransi.
Pada proses medis konvensional yang masih banyak diterapkan dewasa ini, pasien harus menghabiskan waktu untuk menunggu giliran konsultasi di rumah sakit atau tempat praktek dokter dan pemeriksaan di laboratorium . Dengan memanfaatkan E-Health,pasien dapat mendaftar secara online dan memperoleh jadwal pasti konsultasi dan pemeriksaan laboratorium sehingga tidak perlu menunggu lebih dulu, sehingga efektivitas dari segi waktu dapat tercapai.
Pada masa sekarang ini, pengetahuan masyarakat Indonesia tentang kesehatan masih minim, sehingga dengan adanya E-Health yang memberikan informasi lengkap mengenai kesehatan dan kemudahan dalam mengakses pelayanan medis melalui sistem yang terintegrasi,diharapkan sistem baru ini akan membuat masyarakat memiliki kesadaran lebih akan kesehatan.Permasalahan yang lain adalah banyaknya data pasien (medicalrecord) yang harus disimpan sehingga membutuhkan penanganan khusus. Dengan E-Health,medical record pasien dapat tersimpan dengan baik, mudah dalam proses pencarian ketika dibutuhkan,serta mudah dan aman untuk ditransmisikan kepada pasien dengan tetap mementingkan privasi pasien.
  
PENGENALAN KONSEP E-HEALTH 
Internet saat ini sudah menjadi sarana komunikasi yang penting dan efektif di seluruh dunia dan banyak bidang yang menggunakannya.Aplikasi e-learning dalam bidang pendidikan,e-commerce dalam bidang bisnis, dan e-government  dalam bidang pemerintahan sudah banyak diimplementasikan dan terbukti memberi manfaat untuk masyarakat.Bidang kesehatan pun kinisudah melirik potensi internet ini.Sekarang ini, internet menjadi sarana pembelajaran dan pertukaran informasi yang berguna untuk penyedia layanan kesehatan (provider ) dan pengguna layanan kesehatan (consumer ).Berdasarkan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat akan akses layanan kesehatan yang praktisdan efisien, lahirlah konsep e-health sebagai jawaban atas tuntutan tersebut.Di negara lain, seperti Amerika Serikat, Jerman, atau Australia,e-health sudah diimplementasikan dan terus berkembang.Bahkan di Eropa,e-health sudah mulai dikembangkan sejak tahun1989.
            E-health adalah aplikasi internet atau teknologi lain yang berkaitan di industri pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan akses, efisiensi, efektivitas, dan kualitas dari proses medis dan bisnis, yang melibatkan organisasi pelayanan medis(rumah sakit atau klinik), praktisi medis (dokter atau terapis),laboratorium, apotek, asuransi, dan pasien sebagai konsumen.
Solusi yang ditawarkan e-health meliputi produk, sistem, dan layanan, sebagai contoh : informasi kesehatan, rekam medis elektronik, layanan pembelian obat, sistem komunikasi antar pengguna, dan informasi lainnya terkait pencegahan penyakit,diagnosa, perawatan, monitoring kesehatan, dan manajemen gaya hidup.
Di Indonesia sendiri,e-health belum diimplementasikan,walaupun sudah banyak berkembang situs-situs kesehatan, tetapisitus-situs tersebut belum mengadaptasi konsep e-health sepenuhnya.
DEFINISI E-HEALTH 
Ada banyak definisi mengenai e-health.Dua di antaranya yang sering digunakan adalah:
1.      Pemanfaatan internet dan teknologi yang berhubungan dengannya dalam  industri pelayanan kesehatan guna meningkatkan akses, efisiensi, efektifitas dan kualitas dariproses klinis dan bisnis yang dijalankan organisasi pelayanan kesehatan, para praktisi, pasien dan konsumen dalam rangka peningkatan status kesehatan pasien(Healthcare Information and Management Systems Society [HIMSS]).
2.      E-health adalah e-commerce versi kesehatan: yaitu pemanfaatan bisnis  kesehatan secara elektronik.E-health adalah kombinasi dari pemanfaataan komunikasi elektronik dan teknologi informasi pada bidang kesehatan, baik di tempat sendiri (lokal) maupun di klinik yang jauh, untuk tujuan klinik, pengajaran dan administratif.
ARTI ‘E’ PADA E-HEALTH 
Menurut Gunter Eysenbach, “e” pada e-health tidak hanya mengandung arti “electronic” melainkan juga melingkupi :
1.      Eficiency (efisiensi).
2.      Enhancing quality of care (menambah kualitas pelayanan kesehatan).
3.      Evidence based (berdasarkan fakta).
4.      Empowerment of consumers and patients(kekuasaan ada ditangan  konsumen dan pasien)
5.      Encouragement of a new relationship between the patient and health professional (pembangunan hubungan yang lebih kuatantara pasien dan profesional di bidang kesehatan).
6.       Educations of physicians and consumers through online sources (pendidikan untuk dokter dan konsumen melalui sumber informasi online).
7.      Enabling information exchange, a communication in astandardize way between health care establishments (memungkinkan pertukaran informasi, komunikasi denganstandarisasi antara pendiri layanan kesehatan).
8.      Extending the scope of health care beyond its conventional boundaries (pemanjangan ruang lingkup pelayanan kesehatandi luar batasan konvensionalnya).
9.      Ethics (etika).
10.  Equity ( Persamaan).


SISTEM E-HEALTH
Sistem e-health dituntut mampu mengintegrasikan proses dunia medis yang sangat luas dan kompleks dan harus mengakomodasi kepentingan semua pihak yang tergabung dalam sistem. Alurin formasi diantara stakeholder sistem ini sangat kompleks, artinya rumah sakit tidak hanya dapat berkomunikasi antar rumah sakit,tetapi juga harus dapat berkomunikasi dengan dokter secara privat,dimana dokter juga harus dapat berkomunikasi dengan apotek,laboratorium, dan penanggung jawab biaya.
Gambar diagram alur e-health
PRODUK DAN LAYANAN E-HEALTH 
Produk dan layanan e-health dikategorikan ke dalam 4 kategori, yang disebut 4C  yaitu :
·         Content (Isi). Content dari e-health adalah informasi kesehatan yang bisa ditransmisikan dan informasi kesehatan ini merupakan content utama yang biasa ditawarkan oleh situs e-health.Untuk memenuhi kebutuhan pasien akan informasi kesehatan,e-health menyediakan berbagai macam informasi tentang kesehatan, seperti : informasi penyakit baru, kamus gejala penyakit, informasi gaya hidup sehat. Informasi ini diusahakan akurat, lengkap, dapat dipercaya, dan berguna bagi kesehatan pasien.
·         Connectivity (Hubungan). Untuk memudahkan interaksi antar praktisi medis dan pihak-pihak yang berhubungan dengan proses pelayanan medis,e-health menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan, seperti :
1.      e-health menangani pendaftaran online dimana pasien dapat mengetahui jadwal dokter pilihan mereka dan mendapa tnomor antrian serta jam pemeriksaan, sehingga pasien tidak perlu membuang banyak waktu untuk menunggu giliran konsultasi. Pendaftaran online mencakup pendaftaran konsultasi dengan dokter dan pendaftaran pemeriksaan laboratorium.
2.      e-health mengirim medical record pasien, diagnosis daridokter, tindakan medis yang perlu diambil oleh pasien, resepobat, dan hasil laboratorium, serta rekapitulasi biaya melalui website Pasien hanya perlu login dan mendapatkan seluruh informasi tersebut setelah pemeriksaan yang dilakukan.
3.      Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan, pasien dapatmelakukan konsultasi online dengan dokter tanpa perlu mengunjungi rumah sakit atau tempat praktik dokter secaralangsung.
4.      e-health memiliki hubungan dengan laboratorium sehingga interaksi pasien dengan laboratorium dapat disederhanakan melalui e-health. Pasien dapat melihat daftar laboratoriummdan memilih laboratorium yang akan dituju serta mendaftar untuk pemeriksaan laboratorium
5.      e-health memiliki hubungan dengan apotek, yaitu dengan memberikan resep obat yang ditulis oleh dokter ke apotek dan apotek mengirim informasi kembalian berupa biaya obat.
6.      e-health memiliki hubungan dengan asuransi, sehinggaproses pembayaran yang melibatkan asuransi dapatdilakukan dengan mudah.
·         Care (Perawatan). Untuk mendukung penanganan kesehatan pasien,e-health memberikan informasi letak rumah sakit / tempatpengobatan / dokter spesialis yang paling dekat atau paling tepatbagi pasien. Selain itu,e-health juga selalu mengupdate medical record  pasien dan memberikan informasi jenis treatment baru yang potensial.
·         Commerce (Bisnis). Untuk mempermudah pembayaran administrasi pasien,e-health merekapitulasi seluruh biaya yangharus dibayar oleh pasien (sudah termasuk biaya obat, biaya laboratorium, dan biaya administrasi, dipotong dengan biaya yangditanggung asuransi) dan mengirimkan tagihan terperinci kepada pasien,e-health juga memberikan keuntungan bagi rumah sakit,dokter, apotek, laboratorium, dan asuransi dari segi bisnis.

KRITERIA SITUS E-HEALTH YANG BAIK
Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menilaikualitas dari sebuah situs e-health:
Security (keamanan)
1.      Situse-health yang baik harus memiliki tingkat sekuritastinggi, karena data yang diolah dan ditransmisikan adalah datayang bersifat rahasia (confidential).
2.      Privacy (privasi)
Hak akses setiap user harus diatur untuk menjaga privasi setiapuser karena data yang disimpan bukan merupakan data umum yang dapat dipublikasikan ke setiap user .
3.      Content (isi)
Isi dari situs harus akurat, lengkap, dan menyediakan informasiyang tepat sasaran.
4.      Credibility (kredibilitas)
Kredibilitas meliputi sumber dari data, penulis, sponsor, nilaidari informasi, relevansi dan kegunaan dari informasi.
5.       Interactivity (forum interaktif)
Forum interaktif meliputi pembangunan mekanisme feedback (umpan balik) dan saluran untuk bertukar informasi antar user e-health.
6.      Disclosure (kejelasan)
Situs e-health harus menginformasikan kepada user tujuan dari situs, fitur yang tersedia, dan manfaat yang dapat diperoleh user dari situs tersebut
7.       Design (Desain)
Desain situs harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya : kemudahan dalam mengakses, navigasi yang tidak membingungkan, dan fitur searching yang memadai.


PERKEMBANGAN E-HEALTH DI INDONESIA
Perkembangan e-health di Indonesia, tidak seperti negara-negara di atas (Eropa, New Zealand, Perancis, dan negara Baratlainnya) , belum menunjukkan perkembangan yang pesat. Memang tanda-tanda menuju ke sana sudah mulai terlihat dengan semakin maraknya kajian mengenai dunia informatika kedokteran, milis-milis kedokteran yang bertebaran di internet, juga situs-situskesehatan dan dunia medis yang mulai banyak dibangun. Beberapa milis kesehatan Indonesia yang sudah beroperasi di internet :
·         seks-kesehatan@yahoogroups.comsekskesehatan@yahoogroups.com 
Sedangkan beberapa beberapa website yang bisa mewakili e-healthdi Indonesia adalah :
·         http://www.idionline.org(situs yang dikelola oleh IkatanDokter Indonesia – IDI )
·         http:// www.pdpersi.co.id(situs yang dikelola oleh Persatuan Rumah Sakit Indonesia – PERSI)
·         http: //www. kalbe. co.id(situs yang dikelola olehperusahaan farmasi Kalbe Farma )Gambar 2.5 Situs idionline.org, salah satu situs e-health diIndonesia.
 
Sumber :
http://www.scribd.com/doc/38674825/7/PENGENALAN-KONSEP-E-HEALTH

1 komentar:

  1. Nomor : 1561 / PJI-SMI / VI / 2019

    Date : 19 Juni 2019

    Dear :Leaders / The Director Companies
    Attn :Import & Domestics
    Subject :Letter Partner Cargo Import & Domestics

    With Respect,
    We are from PT. SUDA MANDIRI INDONESIA , introduce it self as a company Exspedisi cargo air craft (EMKU) & Exspedisi Cargo Ships (EMKL)Int'l Freight Forwarding and Customs Clearance, who live in east Jakarta Indonesia , we are ready to cooperate with your party.

    Service in Our Company:

    - Air & Sea Freight Service
    - Cargo Break Bull Service
    - Ex-Work, FOB, C&F & CIF
    - Import Door to Door Service
    - Customs Clearance Import Resmi
    - Customs Clearance Export
    - Customs Clearance Import Borongan (All-In)
    - UNDER NAME (Consignee)
    - Domestics Inter-Island

    PT. SUDA MANDIRI INDONESIA, Committed to being a good partner and the right for customers who import planing. If the company Mr / Ms do not have the Import License, while the need to import is urgent, then we offer the right solution in terms of the importation is by system UNDER NAME (Consignee).

    Routine schedule consolidator Import Door to Door By Air & By Sea:

    - Singapore to Indonesia
    - China to Indonesia
    - Taiwan to Indonesia
    - Malaysia to Indonesia
    - Europe to Indonesia

    System Service:

    - DOOR TO DOOR (Ex - Work), DIRECT STATE OF ORIGIN
    - DOOR TO PORT (FOB TERMS), THANK OUR AGENT IN GOODS BETWEEN (Boking Number)
    - TRANSHIPPMENT SINGAPORE, SINGAPORE AGENT CONSIGNEE
    - PORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) CUSTOM CLEARANCE SERVICE OFFICIAL, HAVE PERMISSION TO LEGAL OWNER OF IMPORTED GOODS
    - PORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) RENTAL FLAG (UNDER NAME) AUTHORIZED SERVICE & WHOLESALE, WE IMPORT PERMITS LEGALITY

    Port Service:

    * Tanjung Priok Port
    * Surabaya Port
    * Lampung Port
    * Semarang Port
    * Palembang Port
    * Pontianak Port
    * Medan Port
    Note:

    * For doc who had already arrived at the Air Port or at the Port Tanjung Priok, with out permission import & Disallow limited Import [Goods Resilience] we can help to coordinate all concerned parties,

    * And for the new wholesale price can be given after we receive the Invoice & Packing List.



    For the opportunity and trust good professional cooperation, given to PT. SUDA MANDIRI INDONESIA [Group] we thank you very much.

    Best Regards,


    M.FAZLI
    PT. SUDA MANDIRI INDONESIA
    GRAHA EMRE LT.4 RUANG 202A.
    JL. RAYA PONDOK GEDE NO. 37 PINANG RANTI JAKARTA TIMUR 13560

    Telp : (+6221) - 800 1161
    Fax : (+6221) - 2280 6169
    HP/WA : 0812 8894 6665 / 0852 1327 7379
    Email : fazli.import94@gmail.com / jasaimport@yahoo.com
    Web : ptsudamandiriindonesia.page.tl /
    jasapengurusanbarangimpor.blogspot.com / freightforwarderjakarta.blogspot.com




    We have covered our forwarder's and carrier's liability insurance through Buechner Barella Assekuranzmakler GmbH, Hamburg, Germany.

    Freight Forwarding, Project Logistics, Sea Freight, Air Freight, Third Party Logistics, Clearance, Warehousing, and Insurance.

    MISI

    Kami mendedikasikan untuk review MENYEDIAKAN manajemen Rantai pasokan Yang Inovatif Dan meyakinkan DENGAN profesionalisme Dan Integritas hearts SEMUA Operasi Kami, Serta berkomitmen DENGAN memberikan LAYANAN Terbaik ditunjukan kepada Klien Kami.

    VISI

    Menjadi Perusahaan proaktif Yang Selalu Melihat hal Ke Depan DENGAN mengembangkan Cara-Cara baru (innovation) tiada henti untuk review merampingkan manajemen Rantai pasokan (supply chain) pelanggan Kami, DENGAN demikian Kami meminimalkan mencakup biaya.

    BalasHapus